Sabtu, 16 April 2016

Makanan Khas Negara Rusia

1. Sayur dan buah yang telah diawetkan
Foto: Lori/Legion Media
Sayur dan buah dapat diawetkan dengan berbagai cara, yakni direndam air panas, air cuka, atau air garam. Sayur dan buah yang paling populer digunakan adalah mentimun, tomat, kubis, cranberry, blueberry, dan apel Antonovsky (sejenis apel asam dan manis yang tumbuh di Rusia). Sayuran ini sangat enak ketika direndam air panas dan air garam di dalam tong kayu ek. Biasanya, sayur dan buah disajikan dingin dengan vodka. Kadang, sayuran didinginkan dengan cara dimasukkan ke dalam salju.
2. Asinan atau acar jamur
Foto: Lori/Legion Media
Asinan atau acar jamur susu (lactarius deliciosussering digunakan sebagai pendamping vodka. Makanan ini disiram dengan minyak bunga matahari dan ditaburi bawang hijau di mangkuk selada sebelum disajikan. Asinan jamur susu biasanya direbus dengan susu asam. Selain itu, jamur segar yang digoreng bersama kentang juga merupakan pelengkap vodka yang amat lezat.
3. Ikan haring
Foto: Lori/Legion Media
Ikan haring adalah ikan paling populer di Rusia untuk menjadi pelengkap vodka. Potongan ikan ditaburi bawang bombai dan sayuran yang dicacah. Ikan ini juga biasanya diberi bumbu minyak bunga matahari dan cuka. Ikan haring umumnya disajikan bersama kentang rebus panas dan dibubuhi mentega, cacahan adas sowa (dill), dan sejenis roti gandum hitam. Trio vodka, ikan haring, dan kentang dianggap sebagai santapan klasik di Rusia.
4. Kaviar
Foto: Lori/Legion Media
Kaviar merah atau hitam sangat cocok menjadi teman minum vodka. Jika kita memasukkan kaviar sturgeon hitam, kaviar abu-abu atau beluga adalah varietas yang lebih lezat. Kaviar biasanya disajikan di atas potongan roti putih kecil bersama mentega. Jika kaviar disajikan sebagai makanan tersendiri, mangkuk yang berisi kaviar ditaruh di atas potongan es.
5. Lemak babi atau ham
Foto: Lori/Legion Media
Lemak babi yang paling enak adalah dari bagian pantat babi, atau disebutpodcherevinaMakanan ini berupa potongan tipis yang biasanya terdiri dari tiga atau empat lapisan daging. Lemak babi menjadi sangat lezat saat kulitnya dilapisi jerami dan dipelintir menjadi seperti kepang rambut. Lemak babi biasanya disajikan dingin bersama bawang bombai atau bawang putih mentah.
6. Selai daging
Foto: Lori/Legion Media
Selai yang terbuat dari kepala babi, tulang sapi, dan ayam jantan sangat populer karena kuahnya bewarna kuning gading yang memikat dan rasanya unik. Umbi-umbian Rusia yang terkenal yakni parutan horseradish atau sayur sawi secara tradisional disajikan dengan berbagai jenis selai daging ini.
7. Kue dadar Rusia
Foto: Lori/Legion Media
Kue dadar Rusia hanya berjodoh dengan vodka. Kue dadar yang masih panas dibumbui dengan mentega leleh, dilapisi dengan susu asam dan kaviar, dan ditaburi bawang hijau yang diiris tipis-tipis. Ini adalah makanan tradisional untuk hari besar Maslenitsa di Rusia, yang merayakan berakhirnya musim dingin.
8. Salad 'Olivier'
Foto: Lori/Legion Media
Salad Olivier Rusia yang terkenal atau salad bit juga lazim dikonsumsi tetapi kurang populer. Olivier adalah campuran telur rebus yang dipotong-potong kecil, saus, dan acar ketimun, dibumbui dengan saus mayones. Sementara salad bit terbuat dari kol asam, buah bit rebus yang dipotong-potong, dan kacang putih. Salad adalah bagian esensial dari segala makanan khas Rusia dalam perayaan Tahun Baru di Rusia.
9. Pangsit daging
Foto: Lori/Legion Media
Pangsit daging Siberia atau vareniki cocok didampingi oleh minuman klasik seperti vodka. Pangsit Siberia disajikan dengan susu asam atau mayones dan ditaburi lada bubuk hitam. Vareniki sangat enak dimakan bersama kentang dan jamur. Vareniki biasanya ditaburi banyak bawang bombai yang telah dimasak dengan mentega.
10. Anak babi
Foto: Lori/Legion Media
Anak babi yang digoreng atau dibakar dapat menemani Anda menenggak vodka. Makanan ini disajikan dengan susu asam dan horseradish (dalam gaya Rusia klasik), atau diisi bubur soba (buckwheat) dan dipanggang. Ada cita rasa yang khas ketika segelas vodka dingin disusul dengan sepotong daging panas ini.
11. Daging
Foto: Lori/Legion Media
Daging rebus atau panggang, baik sapi atau anak lembu, bisa menjadi jodoh yang tepat untuk vodka. Sepotong daging masak, babi panggang dingin, atau daging yang sekadar dibakar dalam adonan, adalah teman minum vodka yang sangat lezat.
12. Borsch atau sup kubis Rusia

1 komentar:

  1. bonteng nya itu loh yang bikin kita kangen akan rasa masakan Indonesia.

    BalasHapus